/ Demam Anak, Penyakit

Cara Mudah turunkan demam pada anak tanpa obat

Cara Mudah turunkan demam pada anak tanpa obat,- Demam merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak namun tidak terlalu berbahaya bagi sang buah hati.

Saat anak mengalami demam maka dibutuhkan antisipasi dan langkah-langkah agar dapat sembuh dengan tepat, berikut cara mudah turunkan demam pada anak :

1. Mandikan anak dengan spons dalamair hangat apabila suhu tubuhnya masih di atas 40 derajat Celcius, 30 menit detelah minum obat.

Dudukan anak dalam air sedalam 5cm yang bersuhu 29 sampai 32 derajat Celcius. Gunakan waslap atau spons untuk melembabkan kulitnya.

Jika anak menggigil maka akan menyebabkan suhu tubuhnya meningkat, jika perlu tingkatkan suhu air sedikit demi sedikit.

2. Turunkan suhu ruangan sampai suhu ruangan sedikit lebih dingin dari biasanya. Jika perlu siapkan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin didekat anda agar temperatur menjadi lebih dingin.

3. Saat sang anak menggigil atau merasa kedinginan maka pakaikanlah baju yang tipis dan berikan selimut tipis atau seprai, hal ini merupakan Cara Mudah turunkan demam pada anak.

Baju atau selimut yang tebal dapat mencegah tubuh mendinginkan dirinya sendiri secara alami.

4. Berikan satu dosis ibuprofen atau acetaminophen khusus anak.

Kedua obat tersebut tersedia dan dijual bebas di apotek atau toko obat serta efektif dalam menurunkan demam pada anak. Acetaminophen aman diberikan kepada anak yang berumur lebih dari dua bulan sedangkan ibuprofen aman diberikan kepada anak berumur lebih dari 6 bulan. Lihat pula panduan dosisyang tertera pada kemasan obat untuk mengukur dosis yang cocok sesuai dengan berat badan anak.

Acetaminophen akan menurunkan demam selama 4 hingga 6 jam, sedangkan ibuprofen dapat menurunkan demam selama 6 sampai 8 jam.

Disarankan jangan mengubah dosis oabt tersebut tanpa ada anjuran dari dokter. Karna kasus ini jarang terjadi kecuali demam mencapai suhu 40 derajat celcius dan tidak berkurang setelah diberi satu jenis obat.

Menurut Klinik Mayo hanya gunakan obat penurub panas disaat suhu demam berada di atas 38,9 derajat celcius. Bergegas hubungi dokter anak jika obat penurun panas tidak mampu menurunkan demam.

Tips yang dapat membantu menurunkan demam pada anak :

Untuk menurunkan suhu tubuh akan lebuh baik menempelkan kain basah pada dahi, tangan dan kaki.

Sarankan anak perbanyak minum air sedikit demi sedikit setiap 15 atau 20 menit agar terhindar dari dehidrasi.

Beri anak jus, sup yang mengandung kuah kaldu atau minuman yang mengandung elektrolit agar asupan cairan terpenuhi.

Beri anak waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuh.

Demikian artikel Cara Mudah turunkan demam pada anak semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda.

Cara Mudah turunkan demam pada anak tanpa obat

author
Penulis: 
Fahmy Herbal Adalah Toko Online Obat Herbal Berkualitas Dengan Harga Terjangkau Dan Sistem Pengiriman "BARANG SAMPAI BARU TRANSFER"

Tinggalkan pesan "Cara Mudah turunkan demam pada anak tanpa obat"

Baca Juga×