/ Penyakit, Susah BAB

Inilah 6 penyebab susahnya buang air besar

Cara Mengobati Fistula Ani Benjolan Di Lubang Anus

Inilah 6 penyebab susahnya buang air besar,- Terkadang kita sering merasakan susah buang air besar namun sulit diketahui penybab pastinya, maka dari itu kita harus Ketahui 6 pnyebab susah buang air besar agar kita dapat mencegah hal tersebut, berikut uraian penyebab susah buang air besar:

1. Menunda buang air besar

Tak sedikit dari kita yang sering menunda membuang air besar, mungkin berbagai alasan yang membuat hal itu terjadi entah karna alasan malu, takut, sedang dijalan atau berbagai alasan lainnya. Namun menunda-nunda untuk buang air besar saat ada desakan untuk melakukannya justru beresiko mengundang konstipasi yang menyebabkan susah buang air besar, maka dari itu bersegeralah dalam memenuhi panggilan alam ini.

2. Pola makan yang tidak sehat

Sudah kita ketahui bersama bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur dapat melancarkan buang air besar terutama yang mengandung banyak serat, kukurangan serat buah-buahan, sayur-sayuran, sereal serta kekurangan cairan dapat memicu konstipasi yang menyebabkan susah buang air besar. Selain itu perubahan pola makan dan terlalu banyak konsumsi produk susu juga dapat berdampak pada susah buang air besar, gangguan makan juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya konstipasi. Serta orang yang memiliki berat badan yang tidak ideal seperti terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat mengundang konstipasi.

3. Pengaruh obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar. Obat-obatan tersebut bisa meliputi suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antipsikotik, obat-batan diuretic, serta obat Pereda nyeri yang dapat kemungkinan bersifat candu, seperti kodein dan morfin. Selain itu obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti alumunium antasida dapat menimbulkan konstipasi juga.

4. Memiliki kondisi kesehatan tertentu

Pada kasus yang sering terjadi kesulitan dalam buang air besar bisa dianggap pertanda adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, fisura anal, penyakit peradangan usus, kanker usus besar atau dubur, atau cedera saraf tulang belakang. Penyakit-penyakit tersebut mungkin menjadi penyebab susah buang air besar yang bisa jadi kita alami.

5. Kehamilan

Sekitar 40% wanita hamil mengalami konstipasi selama kehamilan, terutama pada periode awal kehamilan, konstipasi dapat dialami ibu hamil karena selama kehamilan tubuh memproduksi lebih banyak hormone progesterone yang berdampak dapat mengendurkan otot kehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi. Sebagai akibatnya ibu hamil kesulitan dalam buang air besar.

6. Faktor-faktor psikologis

Kesulitan dalam buang air besar dapat pula terjadi pada mereka yang memiliki masalah psikis sperti stress, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecahan seksual. Hal tersebut dapat mempengaruhi terhadap reaksi tubuh kita, salah satunya susah buang air besar.

Berikut tips menangani susah buang air besar :

Penyebab susah buang air besar berbeda-beda pada tiap orang. Begitu pun mengenai cara panangananya akan tergantung kepada penyebab dan seberapa parah kondisi anda. Namun secara umum konstipasi dapat ditangani dengan mengubah gaya hidup sehat, seperti berikut :

Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa butuh dan mendesak untuk melakukannya.

Terapkan rutinitas buang air besar ke toilet, misalnya kapan dan di toilet mana anda nyaman untuk buang air besar. Penerapan rutinitas ini juga perlu dilakukan untuk anak anda. Bantu anak untuk membiasakan diri dengan aktivitas ini dan berikan pujian atau apresiasi bila anak telah melakukannya.

Ketika buang air besar di toilet duduk, posisikan kaki di bangku rendah supaya lutut berada di atas pinggang. Posisi ini membuat kotoran lebih mudah keluar.

Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi.

Inilah 6 penyebab susahnya buang air besar,- Perbanyak mengkonsumsi serat, setidaknya 18-30 gram perhari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran ataupun sereal.

Lakukan olahraga yang rutin, cukup olahraga ringan asal teratur seperti berjalan kaki, lari-lari kecil karna hal tersebut dapat merangsang tubuh kita dalam melancarkan buang air besar.

Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri, seperti parasetamol, atau aspirin bila konstipasi sudah menimbulkan rasa sakit atau ketidak nyamanan. Namun anak dibawah 16 tahun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi aspirin.

Bila konstipasi terjadi pada anak, berikan buah-buahan untuk memperlancar buang air besar, seperti papaya, anggur, apel, stroberi, pir, atau kismis. Buah-buahan ini juga bisa diberikan untuk orang dewasa.

Bagi ibu hamil yang mengalami konstipasi dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat apapun. Dan apabila dengan mengubah gaya hidup anda belum berhasil, dokter mungkin akan memberikan resep obat-obatan pencahar untuk anda.

Demikian artikel “Ketahui 6 penyebab susah buang air besar” semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda.

Inilah 6 penyebab susahnya buang air besar

author
Penulis: 
Fahmy Herbal Adalah Toko Online Obat Herbal Berkualitas Dengan Harga Terjangkau Dan Sistem Pengiriman "BARANG SAMPAI BARU TRANSFER"

Tinggalkan pesan "Inilah 6 penyebab susahnya buang air besar"

Baca Juga×