/ Penyakit, Thalasemia

Penyebab penyakit thalasemia dan jenis thalasemia

Penyebab penyakit thalasemia dan jenis thalasemia

Selamat datagn di www.fahmyherbal.com yang akan membahas tentang bagiamana dan apa saja penyebab penyakit thalasemia yang terjadi pada anak dan dewasa, mari kita baca selengkapnya tentang Penyebab penyakit thalasemia dan jenis thalasemia dibawah ini.

Faktor penyebab thalasemia datang desebabkan oleh penyakit keturunan dari gen orang tua yang memiliki latar belakang penyakit thalasemia yang kemudian menurun pada anak. Selamat datang di website kami yang akan membahas penyebab terjadinya thalasemia dan jenis thalasemia.

Penyebab terjadinya thalasemia – akibat dari ketidak mampuan sumsum tulang dalam membentuk protein yang dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin (sel darah merah). Hemoglobin dalam kehidupan menusia berfungsi sebagai media yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh sebagai salah satu energi tubuh manusia. Hemoglobin merupakan bagian dari protein yang diperkaya dengan zat besi. Jika tubuh kekurangan hemoglobin, maka fungsi organ-organ tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik akibatnya fungsi tubuh pun terganggu dan tidak akan terpenuhi dengan baik akibatnya fungsi tubuh pun terganggu dan tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasa dengan optimal.

Baca juga: obat penyakit thalasemia herbal paling ampuh

Faktor penyebab thalasemia datang disebabkan oleh penyakit keturunan dari gen orang tua yang memiliki latar belakang penyakit thalasemia yang kemudian menurun pada anak sehingga anak memiliki resiko tinggi menderita thalasemia trait atau thalasemia bawaan, thalasemia bawaan resiko lebih tinggi dibandingkan dengan orangtua, sehingga pengobatan dan proses penyembuhannya pun dikatakan cukup sulit.

Penderita thalasemia ini pun harus mendapat pasokan sel darah sehat setiap bulan atau sisesuaikan dengan kebutuhan dan jenis dari thalasemia yang diderita. Tentunya penyakit thalasemia membutuhkan perawatan serta pengobatan yang menelan biaya yang cukup mahal, ditambah sulitnya mendapatkan donor darah yang sesuai dengan darah si penderita.

Penyebab penyakit thalasemia

  • Faktor genetik atau keturunan

Hampir 80% penyakit thalasemia muncul dari gen orangtua yang memiliki riwayat penyakit demikian, entah dari kedua orangtua atau salah satu dari orangtua yang memiliki penyakit demikian, kemudian diwariskan kepada anak dengan resiko yang lebih tinggi.

  • Faktor penyebab thalasemia kecacatan dari kandungan

Penderita thalasemia umunya banyak ditemukan pada usia balita atau anak-anak dengan rentang usia hinggga 12-18 tahun. thalasemia juga dapat diturunkan kepada janin dari dalam kandungan oleh ibu yang memiliki penyakit demikian. Sedangkan bagi mereka yang cacat dari kandungan karena memiliki kelainan darah yang terjadi dengan cukup berat hal tersebut dikarenakan tidak bisa memproduksi sel darah merah yang cukup sedangkan penghancur dari sel darah merah berlebihan.

Jenis-jenis penyakit thalasemia

Berdasarkan gejala klinis dan tingkat keparahannya ada 3 jenis thalasemia :

1. Thalasemia mayor

thalasemia mayor disebabkan oleh faktor genetik yang berasal dari kedua orang tua. Pada thalasemia mayor, kedua orangtua merupakan pembawa sifat atau carrier. thalasemia mayor masih bisa dibedakan menjadi dua, yaitu thalasemia alpha mayor dan thalasemia beta mayor. thalasemia alpha mayor disebabkan oleh oleh gangguan genetik pada asam amino atau protein globin alpha begitu juga sebaliknya thalasemia beta mayor disebabkan gangguan protein beta pada tubuh. Jenis thalasemia ini biasanya menimbulkan dampak yang lebih serius dibandingkan dengan jenis minor.

2. Thalasemia minor

Orang biasanya sering mengangga thalasemia minor sebagai anemia biasa. Hal ini dikarenakan dampak yang ditimbulkan tidak seberat thalasemia mayor dan mirip sekali dengan gejala anemia. Biasanya thalasemia minor terjadi pada orang yang menjadi carrier atau pembawa sifat.

3. Thalasemia Intermedia

Jenis ini merupakan level pertengahan antara thalasemia mayor dan minor. thalasemia intermedia memang mengakibatkan dampak anemia yang cukup berat dibandingkan dengan thalasemia minor namun pada penderita di level intermedia ketergantungan transfusi darah tidak begitu besar dibandingkan dengan thalasemia mayor.

Demikian artikel Penyebab terjadinya thalasemia dan jenis thalasemia semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda.

Penyebab penyakit thalasemia dan jenis thalasemia

author
Penulis: 
Fahmy Herbal Adalah Toko Online Obat Herbal Berkualitas Dengan Harga Terjangkau Dan Sistem Pengiriman "BARANG SAMPAI BARU TRANSFER"

Tinggalkan Balasan

Baca Juga×