Pengobatan

Penyebab Penyakit Kulit Tak Kunjung Sembuh

Kulit merupakan lapisan terluar tubuh kita yang berfungsi melindungi otot, jaringan, tulang, dan organ. Infeksi pada kulit umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Mereka yang menderita infeksi kulit bisa merasakan gejala yang beragam pada kulitnya dengan atau tanpa disertai gejala pada bagian tubuh yang lain. Misalnya seseorang yang tubuhnya terdapat cacar akan dipenuhi bintik-bintik berair disertai sakit kepala, nyeri otot, atau demam.

Penyebab Penyakit Kulit Tak Kunjung Sembuh
http://www.fahmyherbal.com

Gambaran kelainan kulit sangat bermacam-macam, dapat berupa:

  1. perubahan warna kulit
  2. kulit bersisik
  3. penonjolan kulit (misalnya: nodul, papul, pustul)
  4. penebalan kulit, dan sebagainya

Selain gambaran kelainan kulit, perlu diketahui juga keluhan lain seperti ada tidaknya rasa gatal, nyeri, teraba hangat. Penyebab kelainan kulit sangat bervariasi, misalnya:

  1. infeksi, dapat disebabkan jamur, bakteri, parasit
  2. alergi
  3. gigitan serangga
  4. penyakit autoimun
  5. inflamasi, misalnya dermatitis

Kunjungi dokter spesialis kulit untuk memeriksakan kondisi kulit di tangan Anda agar dapat ditentukan penyebab serta pengobatannya.

Beberapa cara bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit infeksi kulit, salah satunya adalah menghindari paparan virus, bakteri, atau jamur yang menyebabkannya. Hindari bersentuhan dengan penderita infeksi kulit atau jangan menggunakan barang-barang yang penderita juga gunakan.
Selalu jaga kebersihan tubuh kita, terutama bagian tangan, agar bakteri, virus, atau jamur tidak bisa dengan mudah menjangkiti tubuh kita. Jika ada luka pada kulit, usahakan untuk menutupnya agar mikroorganisme penyebab infeksi tidak bisa masuk.

Pada kasus infeksi kulit akibat jamur, hindari dengan selalu menjaga kebersihan pakaian atau sepatu yang kita pakai. Selain itu, dianjurkan untuk segera mengganti pakaian yang kita kenakan apabila terasa lembap, misalnya akibat keringat.

Baca Juga:  Obat sakit sendi
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close