Pengobatan

Penyebab Bercak Putih Pada Kulit

Tinea corporis atau kurap tubuh adalah infeksi jamur yang bisa menimbulkan ruam melingkar kemerahan atau keperakan pada kulit. Penyakit kulit ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, namun biasanya muncul pada lengan dan tungkai. Umumnya, tinea corporis lebih mudah menyebar di daerah beriklim hangat dan lembap.

Tinea corporis memang bukan penyakit kulit serius dan mudah diobati, namun mudah sekali menyebar dan menular. Beberapa binatang, seperti anjing dan kucing, bisa menyebarkan jamur tinea corporis pada manusia jika terjadi kontak fisik.

Penyebab Bercak Putih Pada Kulit
http://www.fahmyherbal.com

Penyebab Tinea Corporis

Jamur dermatophytes menjadi penyebab utama munculnya tinea corporis. Jamur ini dapat berkembang biak pada jaringan keratin, merupakan jaringan yang keras dan anti air pada kulit, rambut, atau kuku.

Ada beberapa cara penularan dan penyebaran jamur dermatophytes, yaitu:

  1. Kontak fisik antar manusia. Seringkali tinea corporis menyebar melalui kontak antar kulit dengan penderita.
  2. Kontak fisik manusia dengan hewan yang terinfeksi. Tinea corporis dapat menyebar ketika manusa melakukan kontak fisik dengan hewan, seperti anjing, kucing, atau sapi.
  3. Kontak fisik manusia dengan benda-benda yang terkontaminasi. Spora jamur dapat menempel pada benda seperti pakaian, seprai dan handuk, dari orang yang terinfeksi. Spora pada benda-benda tersebut dapat menempel pada kulit orang lain dan menyebabkan infeksi.
  4. Kontak fisik manusia dengan tanah. Walaupun jarang, manusia juga berisiko terinfeksi tinea corporis dari tanah yang mengandung spora jamur.
Baca Juga:  Herpes Genital dan Pengobatannya
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close