Pengobatan

Diagnosis Herpes Genital

Herpes genital adalah infeksi pada alat kelamin yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS) karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual (vagina, anal, dan oral). Herpes genital bisa dikenali dengan kemunculan luka melepuh berwarna kemerahan dan terasa sakit di sekitar area kelamin. Luka ini bisa pecah dan menjadi luka terbuka.

Diagnosis Herpes Genital
https://www.fahmyherbal.com

Infeksi yang terjadi pada kasus herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut sebagai HSV. HSV dapat menular dan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai membran mukosa dalam tubuh, seperti mulut, kulit, dan kelamin. Virus ini seringkali menetap di tubuh manusia dan suatu saat bisa aktif lagi. Saat virus ini aktif, gejala-gejala herpes genital akan kembali muncul. Virus ini bisa kambuh antara empat sampai lima kali pada dua tahun pertama sejak terinfeksi.

Herpes Genital

Pada umumnya, dokter akan menegakkan diagnosis herpes genitalis dengan mengajukan pertanyaan seputar gejala yang dialami dan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian tubuh yang terkena. Selain itu, dokter mungkin akan mengambil sampel cairan dari luka melepuh yang muncul. Untuk mengetahui apakah kita menderita herpes genitalis, sampel ini akan dibawa dan diteliti di laboratorium.

Selain tes dengan menggunakan sampel cairan luka herpes, keberadaan antibodi terhadap virus herpes juga bisa diperiksa melalui tes darah.

PCR atau tes reaksi berantai polimerase juga bisa dilakukan untuk mendiagnosis keberadaan virus herpes genital. Tes ini dapat memeriksa keberadaan dan tipe HSV yang telah menjangkiti tubuh melalui sampel darah atau cairan tubuh.

Jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu selain herpes genital ini, Anda mungkin perlu menemui dokter spesialis untuk menerima perawatan khusus. Infeksi yang terjadi bisa berdampak kepada bagian tubuh yang lain.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Vagina Gatal

Bagi wanita hamil yang terinfeksi herpes genital, terutama mereka yang merencanakan atau sedang hamil, sebaiknya segera menemui dokter spesialis kandungan. Infeksi yang terjadi pada wanita hamil bisa menulari bayi yang sedang dikandungnya.

Pasien herpes genital yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh juga perlu menemui dokter spesialis, sama halnya dengan para penyandang HIV/AIDS dan penderita kanker. Kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh penderita herpes genital sangat berpengaruh terhadap lama tidaknya infeksi berlangsung dan juga tingkat keparahannya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close