Pengobatan

Produk Herbal Sebagai Pendukung Pengobatan

Produk herbal lama dipercaya sebagai pendukung pengobatan untuk menangani sejumlah penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat. Produk herbal dapat berupa obat-obatan atau suplemen yang berasal tumbuhan seperti daun, akar, bunga, serta bagian dari tumbuhan lainnya.

Produk Herbal Sebagai Pendukung Pengobatan

Namun, tidak semua produk herbal yang dipasarkan aman digunakan. Sebaiknya, pahami kandungan di dalam produk herbal agar Anda terhindar dari masalah kesehatan. Jika perlu, konsultasi ke dokter sebelum menggunakan produk herbal jenis apa pun.

Manfaat Produk Herbal

Produk herbal dapat tersedia dalam bentuk sediaan bubuk, kapsul, ekstrak cair, bagian tanaman yang dikeringkan atau bentuk lain. Cara mengonsumsi bisa diminum sebagai pil atau bubuk, diseduh seperti teh, dicampur ke dalam air untuk diminum, dioleskan pada kulit atau ditambahkan pada air untuk mandi.

Pada umumnya penggunaan produk herbal bertujuan mendukung proses penyembuhan dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Misalnya, pasak bumi yang dianggap sebagai produk herbal yang mampu meningkatkan kadar testosteron, energi dan ketahanan terhadap beban aktivitas fisik. Ada pula produk herbal yang kaya akan antioksidan seperti saripati dari mengkudu, jambu biji, tomat, apel, dan nanas, sehingga banyak digunakan untuk mengatasi kondisi yang berhubungan dengan penuaan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, produk herbal dengan ekstrak manggis memiliki kandungan xanthone, yang berfungsi sebagai antioksidan dan dipercaya memiliki potensi untuk mencegah kanker.

Pada sebagian penderita kanker, produk herbal memang umum digunakan sebagai pelengkap atau terapi alternatif. Beberapa penelitian menunjukkan 60 dari 100 penderita kanker menggunakan obat-obatan herbal secara bersamaan dengan metode penanganan kanker konvensional. Kemudian, ada pula produk herbal yang dianggap dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Penyakit azoospermia
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close